PRIVATE COACHING BERSAMA COACH YUSMAN

Updated: Jan 13


Bila anda ingin bisnis anda mencapai hasil yang maksimal, maka bekerja keras saja tidaklah cukup. Anda juga harus bekerja cerdas agar anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Salah satu caranya adalah dengan mendapat bimbingan dari para ahli.


Coach Yusman adalah seorang bisnis coach yang telah berpengalaman dibidang business coaching selama lebih dari 15 tahun. Lalu hal apa saja yang akan dibagikan oleh Coach Yusman dalam program private coaching-nya?


Sebelum kita membahas private coaching, ada baiknya kita memahami dulu apa yang dimaksud dengan istilah coaching.


APA ITU COACHING?


Apa yang akan kita bahas ini adalah Business coaching. Bukan tentang life coaching, hypnotherapy coaching, parenting coaching, ataupun motivation coaching. Melainkan ‘business coaching’, yaitu coaching bagi perusahaan dan para pengusaha. Tepatnya, orang - orang yang memiliki perusahaan dimana mereka sendiri sebagai owner ataupun anda sebagai direktur, masih aktif terlibat dalam mengurus perusaannya sehari – hari ataupun setiap minggunya.


Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri tentang suatu acara diskusi bisnis ataupun seminar bisnis. Lalu apakah itu bisa disebut coaching? Jawabannya, bukan!

Salah satu yang membedakan coaching dengan diskusi atau seminar bisnis adalah lamanya waktu program. Misalnya, sering sekali orang mengira, coaching itu artinya seorang coach berdiskusi satu kali dengan seorang pengusaha, itu dianggap coaching. Mengikuti seminar, dianggap coaching. Padahal, itu bukan coaching.


Coaching berbeda dengan seminar. Seminar adalah tempat edukasi, komunikasi yang dilakukan 1 arah, pembahasannya tentang kasus orang lain, bukan kasus spesifik untuk satu bisnis dan solusi untuk bisnis tersebut. Hal itu disebabkan karena peserta seminar cenderung bisa berkisar dari 10 orang sampai dengan ratusan orang, sedangkan business coaching, biasanya hanya 1 - 4 orang yg memang merupakan owner atau direktur dari satu perusahaan yg sama.


Pada dasarnya, coaching memiliki minimal waktu tertentu. Seperti dalam program Coach Yusman yang membutuhkan waktu minimal satu tahun. Dimana pertemuannya, intens dilakukan hampir setiap minggu dan lamanya program ini bisa lebih dari satu tahun. Bahkan, ada pengusaha yang coaching dengan Coach Yusman selama 2 tahun, 3 tahun bahkan ada yang sampai 8 tahun lebih, karena mereka merasakan sendiri bisnisnya terus berkembang dan semakin bagus.

Diluar sana mungkin banyak coach yang menawar


kan coaching dengan waktu yang relatif lebih singkat. Satu kali, dua kali atau hanya satu sampai dua bulan saja. Tapi, bagi Coach Yusman, hal tersebut bukanlah coaching, melainkan hanya diskusi bisnis. Bila kalian ingin mengetahui perbedaan lainnya mengenai business coaching dan diskusi coaching, anda bisa membaca artikelnya disini.


LALU SEPERTI APA PROGRAM COACHING YANG DIMAKSUD?

Program coaching ini berdurasi minimal satu tahun dengan program yang dirancang khusus. Jadi, bukan hanya diskusi satu kali. Materi coaching dirancang khusus untuk masalah bisnis anda dan target apa yang ingin dicapai dalam bisnis. Yang terpenting, materi ini berbeda untuk setiap pengusaha, dilihat dari model bisnis, besaran bisnis dan struktur bisnis yang tentunya berbeda-beda.

Nah, terkait hal tersebut ada 3 hal penting yang perlu anda tahu tentang program coaching yang disediakan oleh Coach Yusman.


1. Ide + Strategi bisnis + Implementasi.

Yang membedakan coaching dan bukan coaching adalah adanya ide dan strategi bisnis ditambah dengan implementasi. Berapa sering kita belajar suatu ide atau strategi bisnis yang bagus, tapi kita kesulitan mengimplementasikan atau menjalankannya dengan baik, apalagi konsisten di perusahaan kita Karena mungkin banyak kendala – kendala di lapangan?

Kendala seperti manajemen yang masih konvensional dan tradisional atau setengah konvensional dan setengah tradisional, karyawan kita belum siap, belum dijalani, pengalaman kita masih kurang, banyak sekali hal lainnya atau bahkan masih adanya keributan dalam bisnis di keluarga kita karena tidak satu visi yang sama.

Nah, mungkin kendala – kendala itulah yang membuat anda susah mengimplementasikannya. Disinilah perbedaan yang benar – benar private coaching dan yang bukan private coaching dapat anda rasakan. Coach Yusman sebagai coach akan memberikan anda masukan yang tepat, sesuai dengan ukuran perusahaan dan modal bisnis serta masalah anda.

Bukan hanya itu, Coach Yusman juga akan membimbing anda secara detail dan mengimplementasikannya sampai semua kendala - kendala ini bisa terselesaikan dan strategi tersebut berhasil.

Ide bisnis yang bagus adalah yang berhasil, berjalan, dipakai oleh tim anda, dan konsisten di perusahaan anda.


2. Apa yang kurang di bisnis anda?

Analoginya seperti ini, sebagai pengusaha, seringnya kita adalah orang yang ahli di satu bidang. Akan tetapi, tidak begitu ahli dalam bidang lain. Contohnya, sebagai pengusaha, kita mungkin hebat dalam menjual, kita mengerti teknis produk kita, nomer spare part, mana barang yang cocok dan tidak cocok. Tapi disisi lain, mungkin manajemen kita tidak begitu bagus.


Contoh lainnya, mungkin kita menguasai manajemen operasional, tapi pengetahuan mengenai keuangan, kurang baik. Sehingga keuangan agak kacau balau. Padahal semakin besar bisnis kita, fondasi keuangan juga harus makin kuat. Atau kita adalah orang yang sangat kuat di keuangan, rapi dalam hal administrasi, tapi strategi penjualan kita masih belum bagus. Kita bisa berkembang, hanya tidak tau strategi apa yang paling baik, bagaimana merekrut sales serta bagaimana mengaturnya.


Sebagai seorang ahli dalam berbagai bidang secara keseluruhan bisnis, Coach Yusman bisa membantu anda dalam menangani kekurangan dalam bisnis anda, sehingga pada dasarnya ada 3 kekuatan dalam bisnis bisa jadi berimbang. Apa saja?

1. marketing dan sales

2. operasional dan manajemen

3. keuangan

Ketiga bagian ini harus kuat sehingga bisnis baru bisa bertumbuh lebih besar dan tahan lama.


3. Terakhir, yang membedakan yang benar – benar coaching dan bukan coaching adalah pertemuan private coaching ini adalah satu lawan satu. Hanya owner yang akan bertatap muka dengan Coach Yusman. Tidak bersama – sama karyawan atau pengusaha – pengusaha lainnya.

Ini private coaching. pribadi. Sehingga bisa benar - benar membahas detail bisnis anda secara menyeluruh, bukan bisnis orang lain.


BERAPA HARGA COACHING?

Setelah kita mengetahui tujuan serta manfaat dari private coaching, mungkin anda mulai bertanya “berapa harganya coaching bersama Coach Yusman?”

Untuk dapat mengikuti program private coaching bersama Coach Yusman, Harganya mulai dari Rp. 264 juta sampai Rp. 750 juta untuk satu tahun. Ini bukan untuk satu kali pertemuan. melainkan berkali – kali pertemuan. Intens, hampir setiap minggu selama satu tahun.

Lalu, bagaimana mengetahui cara menentukan harganya? tergantung dari apanya? mengingat range harga yang cukup besar.

Jadi, yang menjadi pertimbangan dalam besarnya penentuan harga adalah sebagai berikut,

- Apa masalah bisnis anda?

- Apa target anda didalam bisnis?

- Seperti apa target coaching anda?

- Model bisnis anda seperti apa?

- Apakah anda pabrik atau retail?

- Apakah anda jasa?

- Apakah anda importir dan distributor?

- Apakah anda bisnis keluarga atau bukan?

- Berapa besar omzet anda?

- Berapa besar margin anda dan berapa banyak karyawan anda?


Semua kombinasi ini yang menentukan berapa harga private coaching untuk bisnis anda. Oleh karena itu, diperlukan pertemuan langsung untuk membahas secara detail berapa harga yang harus dibayarkan untuk program private coaching bersama Coach Yusman.

Mungkin anda berpikir jika harga tersebut terlalu mahal. Lantas faktor apa yang menyebabkan harga Coach Yusman lebih tinggi dari coach - coach lainya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa membaca artikelnya disini.


Artikel tersebut akan menjelaskan secara detail, apa yang membedakan coach mahal dan murah. bagaimana mengetahui kualitas seorang coach yang memang berharga tinggi dan yang memiliki harga lebih murah. Jadi, anda dapat memahami serta memutuskan pilihan dengan tepat.

Semua coach itu tidak sama. Namanya memang sama – sama coach, tapi belum tentu semuanya sama. Seperti dokter yang sama - sama belajar medis disekolahnya, punya gelar dokter, tapi memiliki keahlian yang berbeda. Sama juga dengan mobil. Ada mobil yang mahal, ada juga yang murah, jadi ada perbedaan. Supaya mengerti, kita harus bagaimana? Cek artikel.

Lalu apakah ada perusahaan atau pengusaha yang menggunakan jasa Coach Yusman dengan seharga yang demikian? Tentu jawabannya ada! Setiap tahun Coach Yusman memiliki klien private coaching dari 15-18 perusahaan selama 15 tahun lebih.

Bagi mereka yang pernah merasakan hasil coaching dengan Coach Yusman dan bertemu hampir setiap minggu, mereka justru merasa harga ini murah. Memang awalnya terasa mahal. Tapi setelah menjalani coaching, mereka rasakan hasilnya, harga tersebut jadi terasa tidak semahal di awal.

Karena sekali investasi coaching, uang yang mereka keluarkan telah kembali 3 kali bahkan sampai 10 kali lipat lebih dari biaya coaching mereka selama satu tahun.

Jadi, karena kenaikan profit omset, mereka bisa dengan mudah membayar fee coaching hanya dalam setengah bulan kerja. Bisnis mereka naik dengan sangat mudah, biaya coaching tidak berubah. Jadi anggaplah biaya tersebut gratis, karena profit yang bisa didapat bisa berkali lipat dari biaya coaching yang harus dikeluarkan. Jadi, ini bukan lagi murah, tetapi free!


APA SAJA YANG AKAN DIDAPAT?


Selanjutnya, dengan biaya yang begitu besar, anda mungkin bertanya – tanya, apa saja yang dibahas atau apa saja yang dicakup dalam program coaching bersama Coach Yusman?


Secara detail akan banyak sekali. Namun, Garis besarnya mencakup,

  • Strategi marketing baik offline maupun online.

  • Sales; bagaimana menbentuk tim sales, seperti apa membangun tim dalam bidang sales dan marketing, support tim, cara merekrut, bagaimana mengatur sistem komisi.

  • Mengatur operation manajemen yang bagus. Produksinya bila anda berada di bidang manufacturing. Di gudang; bagaimana mengatur stok dan mengatur orang gudang, bagian pengiriman barang, purchasing, hrd, bagian ga ; general affair, bagian recruitmen, bagian keuangan.